Notification

×

Kategori Berita

Tags

Kode Iklan Disini

Kode Iklan Disini

Pemkot Depok Imbau Warga Tak Pakai Kantong Plastik Saat Bagikan Daging Kurban

Sabtu, 15 Juni 2024 | Juni 15, 2024 WIB Last Updated 2024-06-15T08:11:06Z

Pemkot Depok Imbau Warga Tak Pakai Kantong Plastik Saat Bagikan Daging Kurban
Ilustrasi. Warga Depok diminta untuk tidak memakan kantong plastik sebagai wadah dalam pembagian daging kurban.

DEPOK, PEWARTA JABAR - Menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Wali Kota Depok, Mohammad Idris, mengimbau warga untuk mengurangi penggunaan plastik dalam pembagian daging kurban.

Hal ini sejalan dengan upaya Pemerintah Kota Depok dalam menangani sampah plastik dan menjaga kelestarian lingkungan.

"Kami mengeluarkan surat edaran tentang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha tanpa plastik," kata Idris, Sabtu (15/6/2024).

Lebih lanjut, Idris menjelaskan bahwa surat edaran tersebut bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan timbulan sampah plastik selama Idul Adha dan mengurangi beban di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung.

"Pengganti kantong plastik untuk wadah daging kurban bisa pakai daun seperti daun pisang daun jati, wadah anyaman bambu atau besek," ujarnya.

Selain mengimbau penggunaan wadah non-plastik, Idris juga mendorong panitia kurban untuk menyediakan tempat sampah terpilah dan melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan.

"Kita juga menyediakan satuan tugas khusus di lapangan yang menangani sampah sekaligus sebagai tenaga kampanye dan edukasi publik dalam pengurangan sampah plastik," imbuhnya.

Upaya Wali Kota Depok ini mendapat sambutan positif dari berbagai pihak. Salah satu panitia kurban di wilayah Depok, Liana, menyatakan kesiapannya untuk mengikuti imbauan tersebut.

"Kami sudah siapkan besek dan daun pisang untuk wadah daging kurban. Kami juga akan mengimbau kepada warga untuk membawa wadah sendiri," ujar Liana.

Dengan langkah bersama ini, diharapkan perayaan Idul Adha di Kota Depok dapat berjalan dengan khidmat dan ramah lingkungan.

×
               
         
close